Cara Panduan Instalasi Stereo Mobil

Ingin menghemat uang? Pernah bertanya-tanya apakah Anda bisa melakukan instalasi stereo mobil sendiri? Ya, Anda bisa melakukannya sendiri! Silakan, habiskan uang itu di perangkat keras Anda! Jangan habiskan untuk bersalin. Selain itu, melakukan instalasi stereo mobil sendiri dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga, belum lagi Anda dapat belajar banyak dari itu juga. Tidak ada yang mengalahkan perasaan melihat “kreasi” Anda dalam tindakan, berjalan dengan lancar dan sempurna.

Cara Panduan Instalasi Stereo Mobil
Tetapi berhati-hatilah, Anda benar-benar tidak ingin merusak perangkat keras mahal Anda. Sebagian besar perangkat audio mobil tidak perlu dipasang, Anda akan menemukan bahwa sebagian besar waktu suku cadang memiliki soket dan slot khusus, dll. Dan hanya cocok di mana seharusnya dipasang. Namun, yang terbaik adalah melanjutkan secara metodis.

Dalam instalasi stereo mobil, Anda harus menentukan jenis rig apa yang akan Anda masukkan ke dalam kendaraan Anda. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya Anda melakukan instalasi stereo mobil jika itu hanya sistem yang sederhana. Anda mungkin ingin meninggalkan barang-barang rumit untuk para profesional, seperti memasang peralatan yang rumit seperti panel LCD, bagian bermotor dll. Terutama jika itu membutuhkan pembuatan panel khusus dan semacamnya.

Head unit adalah salah satu yang paling mudah dilakukan dalam instalasi stereo mobil. Untungnya, sebagian besar unit mengikuti standar ukuran yang sama (DIN). Di banyak mobil, begitu radio pabrik dilepas, radio aftermarket akan masuk ke dalam lubang. Di banyak mobil lain, kit diperlukan jika lubang pabrik terlalu besar, atau tidak cukup dalam. Dalam beberapa kasus dasbor harus dipotong. Setiap toko stereo mobil harus memiliki kit yang diperlukan untuk pemasangan.

Ada dua jenis pemasangan dalam instalasi stereo mobil. Pemasangan ISO adalah saat radio dapat disekrup ke braket radio pabrik yang sudah ada, seperti di sebagian besar mobil Jepang. Pemasangan cincin adalah ketika radio aftermarket dilengkapi dengan cincin logam yang dipasang ke lubang radio pabrik atau perangkat aftermarket melalui tab yang dapat ditekuk. Di banyak mobil, dasbor dan cincin trim harus diisi untuk memperbesar lubang radio. Setelah cincin dipasang, radio meluncur masuk dan dipegang dengan kancing. Dalam banyak kasus, alat khusus diperlukan untuk menghapus radio.

Speaker sangat penting dalam instalasi stereo mobil. Tidak peduli seberapa mahal speaker Anda, jika mereka tidak terpasang dengan benar, suara tidak akan secara normal.

Dalam instalasi stereo mobil yang sederhana, Anda mungkin akan menggunakan speaker yang cocok dengan lokasi pabrik. Pastikan saja tidak ada celah atau lubang. Kadang-kadang membangun kayu atau fiberglass baffle membantu mengurangi lubang dan memberi Anda suara yang jauh lebih baik. Tetapi selalu berhati-hati saat menggunakan alat-alat listrik di sekitar speaker. Garansi pemasangan stereo mobil biasanya tidak mencakup lubang pada speaker.

Untuk lokasi pembicara yang tidak konvensional, kadang-kadang logam harus dipotong. Anda mungkin ingin menyerahkan ini kepada para profesional, alat seperti pemotong plasma dan latihan pneumatik diperlukan. Tetapi jika Anda akan bersikeras, sepasang potongan logam (pemotongan kiri dan kanan) akan dilakukan.

Instalasi stereo mobil harus dilengkapi dengan getaran dan sumber kebisingan lain di lingkungannya. Meskipun tidak mungkin untuk menghilangkan ini sepenuhnya, ada produk yang akan sangat mengurangi kebisingan dan berderak, terutama pada mobil non-mewah. Liners, semprotan dan perekat strip dan bahkan karpet yang diterapkan ke panel dapat membuat perbedaan dunia.